• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Senin, 15 Juli 2024

Semaan Al-Qur’an Rutin Sabtu Awal Bulan

Semaan Al-Qur’an Rutin Sabtu Awal Bulan
Bagikan

Sabtu (2/3) Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin mengadakan kegiatan rutin yaitu semaan Al-Qur’an 10 Juz. Semaan diikuti oleh pengasuh pondok pesantren dan seluruh dewan asatidz/asatidzah. Para santri serta segenap yayasan Al-Qur’an Zaenuddin menyimak pembacaan Al-Qur’an dengan khusyu dan tertib.

Istilah sema’an atau ada yang menyebutnya sebagai tasmi’ merupakan suatu tradisi dalam masyarakat pesantren dalam hal membaca dan mendengarkan hafalan Al-Qur’an. Sang penghafal (Al-Hafizh) membacakan Al-Qur’an di hadapan orang lain atau sekelompok orang untuk didengarkan atau disimak dengan seksama. Dan para penyimak biasanya akan segera mengoreksi bacaan-bacaan al-hafizh apabila ditemukan kekurangan atau kelebihan bacaan termasuk mengenai makharijul huruf dan hukum bacaan (tajwid)-nya.

Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa mendengarkan (dengan sungguh-sungguh) ayat dari Al-Qur’an, dituliskan baginya kebaikan yang berlipat ganda dan barang siapa membacanya, adalah baginya cahaya pada hari Kiamat.” (Riwayat al-Bukhari dan Imam Ahmad dari Abu Hurairah). Keyakinan bahwa Al-Qur’an akan menjadi panutan, bahwa Al-Qur’an akan menjadi cahaya, bahwa Al-Qur’an akan menjadi petunjuk dan rahmat bagi setiap jiwa, untuk itu kegiatan ini harapannya membawa keberkahan dan semangat menghafal bagi seluruh santri di lingkungan Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin.

SebelumnyaPelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK)SesudahnyaGelar Karya P5 Tema “Kewirausahaan”
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *