• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Senin, 15 Juli 2024

Peringatan Isra Mi’raj di Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin

Peringatan Isra Mi’raj di Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin
Bagikan

Hari Kamis 8 Februari 2024 atau tanggal 27 Rajab dalam kalender islam umat muslim memperingati Isra Mi’raj. Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa sangat penting yang terjadi pada bulan Rajab.

Ponpes Al Quran Zaenuddin menggelar pengajian dalam rangka memperingati Isra Mi’raj. Kegiatan ini di isi oleh Ustadz M. Nasir dan dihadiri oleh semua pegawai serta santri. Isra Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam ajaran Islam serta menyimpan banyak hikmah. Isra’ adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Haram di Mekkah ke Masjid al-Aqsha di al-Quds, Palestina.

Sedangkan Mi’raj adalah naiknya Rasulullah SAW menembus lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak bisa dijangkau oleh semua makhluk, malaikat, jin dan manusia. Allah SWT telah menunjukkan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya kepada umat manusia. Tanda-tanda kekuasaan Allah SWT sesungguhnya untuk menguji keimanan seseorang.Pada hakikatnya, peristiwa Isra Miraj adalah proses penjemputan perintah dan kewajiban sholat secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW bersama malaikat Jibril.

Inilah istimewanya ibadah sholat dibandingkan ibadah wajib lainnya seperti berpuasa, membayar zakat dan haji. Kekuasaan Allah SWT dalam proses penjemputan perintah sholat terlihat dengan terjadinya perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha (isra’). Kemudian dilanjutkan dengan naiknya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Munthaha. Proses Isra Miraj berlangsung dalam waktu relatif singkat sekitar sepertiga malam.

Kegiatan Isra Mi’raj tidak boleh hanya sekedar acara seremonial belaka, namun harus dimaknai sebagai upaya luhur untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

SebelumnyaSeleksi Calon Santri Baru Gelombang 1SesudahnyaKegiatan Jumat Sehat dan Jumat Bersih
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *