• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Senin, 22 April 2024

Seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB) Gelombang 1

Seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB) Gelombang 1
Bagikan

Minggu (8/1) Pondok Pesantren Al-Qur’an Zaenuddin menyelenggarakan seleksi penerimaan santri baru tahun pelajaran 2023/2024. Sebanyak 110 calon santri baru SMP dan SMK mengikuti seleksi yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu seleksi Baca dan Hafalan Al-Qur’an, wawancara orang tua dan tes Psikologi (IQ) untuk santri SMP/SMK serta tambahan tes peminatan jurusan.

Tahapan dalam tes seleksi pada tahun ini merupakan penyempurnaan dari seleksi tahun lalu, namun pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjaring bibit-bibit unggul calon santri penghafal Al-Qur’an. Serangkaian tes seleksi tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 sd 12.30 WIB. Tes seleksi pertama yaitu tes membaca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian yang Tajwid, Makhraj, serta kelancaran dalam membaca. Kemudian calon santri diberikan waktu 60 menit untuk menghafalkan materi yang telah diberikan untuk mengikuti tes hafalan Al-Qur’an. Pada saat calon santri menjalani seleksi, wali santri juga mengikuti tes wawancara dengan para pewawancara di ruangan yang berbeda.

Perbedaan seleksi tahun ini dengan sebelumnya yaitu adanya tes Psikologi (IQ) bekerja sama dengan lembaga Psikologi Psikoanalisa Yogyakarta. Bapak Drs. H. Sudarmadi, Msi., MBA sebagai psikolog sekaligus pimpinan lembaga melakukan tes pada seluruh calon santri baru. Harapannya dengan adanya tes kemampuan IQ serta bakat dan minat untuk santri SMK dapat menjadi salah satu upaya dalam memperoleh calon santri yang memiliki kualitas dan mampu menjadi calon hafidz/hafidzah di masa depan.

SebelumnyaPenerjunan Siswa Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Tahun 2023SesudahnyaPemberian Beasiswa Akademik bagi Santri Berprestasi
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *