• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Senin, 22 April 2024

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema “Ora Ngapak, Ora Kepenak”

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema  "Ora Ngapak, Ora Kepenak"
Bagikan

SMK Al-Qur’an Zaenuddin merupakan salah satu sekolah yang pada tahun pelajaran 2022/2023 menerapkan implementasi kurikulum merdeka. Salah satu program kegiatan yang ada pada kurikulum merdeka yaitu Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Proyek P5 di lingkungan SMK Al-Qur’an Zaenuddin berlangsung selama 2 hari dimulai tanggal 11 -12 Desember 2022. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas X dengan masing-masing kelas dibimbing oleh wali kelas. Mengusung tema “Ora Ngapak, Ora Kepenak” sukses mendapatkan apresiasi dari seluruh warga sekolah. Pemilihan tema ini merupakan salah satu elemen dalam P5 topik kearifan lokal yang mana bahasa Jawa ngapak merupakan salah satu ciri khas masyarakat wilayah Tegal yang menggunakan bahasa Jawa ngapak sebagai bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi.

Kegiatan diisi dengan berbagai lomba seperti lomba karaoke lagu-lagu bahasa Jawa ngapak, baca puisi ngapak, pidato ngapak serta stand up comedy menggunakan bahasa ngapak. Inti dari setiap perlombaan adalah bagaimana para peserta dapat menggunakan bahasa ngapak semenarik mungkin. Antusiasme para siswa tercermin dengan kemeriahan peserta dalam mengikuti perlombaan. Setiap kelas mengirimkan perwakilan pada masing-masing perlombaan. Selain itu, kegiatan ini juga turut melibatkan Bapak/Ibu guru sebagai juri lomba terutama yang bukan merupakan wali kelas sehingga penilaian berlangsung secara objektif.

SebelumnyaBIMTEK Implementasi Kurikulum Merdeka - SMP Al-Qur'an ZaenuddinSesudahnyaPenerjunan Siswa Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Tahun 2023
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *