• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Senin, 15 Juli 2024

Bincang Bahasa Bersama Duta Bahasa Jawa Tengah

Bincang Bahasa Bersama Duta Bahasa Jawa Tengah
Bagikan

Sabtu (22/10) Semarak Bulan Bahasa di lingkungan SMP dan SMK Al-Qur’an Zaenuddin pada hari ini adalah puncak kegiatan yaitu talkshow kebahasaan dengan tema “Bincang Bahasa Bersama Duta Bahasa Jawa Tengah”. Berkesempatan mengundang Duta Bahasa Jawa Tengah Tahun 2021 yaitu Ida Fitriyah, M.Pd.  Suatu kebanggaan bagi sekolah dan juga para santri dapat berbincang dalam sebuah sesi tanya jawab bersama Duta Bahasa Jawa Tengah.

Talkshow Bulan Bahasa diselenggarakan pada 22 Oktober 2022 yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Al-Qur’an Zaenuddin. Kegaitan ini mendapatkan respon yang baik dari para santri, berbagai permainan dan hadiah yang menarik berupa buku-buku motivasi dan buku cerita menjadi salah satu pemantik semangat santri mengkuti kegiatan Bincang Bahasa dari awal sampai akhir.

Tujuan dari talkshow Bulan Bahasa yaitu untuk mengenalkan adanya Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada para santri. Selain itu mengajak para santri untuk senantiasa menjalankan “Trigatra Bangun Bahasa” sebagai pernyataan yang menunjukkan pemakai Bahasa khususnya Bahasa Indonesia. Trigatra Bangun Bahasa (utamakan bahasa Indonesa, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing) merupakan slogan yang sering digaungkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia terhadap keutamaan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, tetap melestarikan bahasa daerah agar senantiasa terjaga, dan menguasai bahasa asing sebagai salah satu bekal hidup di era global.

Selain itu pemateri yaitu Ida Fitriyah, M.Pd sebagai Duta Bahasa Jawa Tengah juga mengajak para santri untuk meningkatkan enam literasi dasar yang harus dimiliki. Enam literasi dasar tersebut mencakup :

  1. Literasi Baca-Tulis
  2. Literasi Numerasi
  3. Literasi Sains
  4. Literasi Finansial
  5. Literasi Digital
  6. Literasi Kebudayaan dan Kewargaan

Kemeriahan rangkaian kegiatan Bulan Bahasa diakhiri dengan pembagian hadiah lomba-lomba seperti lomba poster, pidato Bahasa Jawa, Storytelling dan muhadasah Bahasa Arab. Dengan kegiatan ini semoga dapat menjadi langkah awal dalam menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya literasi khususnya dikalangan para santri.

SebelumnyaJalan Sehat Menyambut Hari Santri NasionalSesudahnyaSugeng Milad, KH. Lukman Al Hakim Al Hafidz
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *