• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Rabu, 22 Mei 2024

Memanfaatkan Koleksi Bacaan di Perpustakaan Sekolah

Memanfaatkan Koleksi Bacaan di Perpustakaan Sekolah
Bagikan

Pembelajaran di sekolah tidak terbatas hanya dilaksanakan di ruang kelas, seperti pembelajaran yang kerap kali dilakukan di perpustakaan SMK Al Qur’an Zaenuddin. Semua santri dan guru berhak menggunakan ruang perpustakaan guna mendukung proses pembelajaran yang bervariasi.

Keberadaan perpustakaan sekolah bertujuan untuk mengembangkan minat, kemampuan dan meningkatkan semangat gemar membaca warga sekolah. Selain itu menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi semua pengunjung dengan menghadirkan nuansa perpustakaan yang nyaman dan menyenangkan.  

Pembelajaran di ruang Perpustakaan
Pembelajaran di Ruang Perpustakaan

Terdapat kurang lebih 143 koleksi bacaan yang ada di perpustakaan yang terbagi menjadi beberapa kategori seperti buku ajar, karya umum, ensiklopedia, KBBI, kamus bahasa asing (Inggris dan Arab), serta koleksi audio visual dalam bentuk CD kumpulan video hasil karya santri dan berbagai kegiatan lainnya.

Banyaknya bahan bacaan yang ada di perpustakaan harapannya dapat menarik para santri untuk berkunjung dan menghabiskan waktu luang mereka untuk membaca berbagai jenis buku. Kecintaan terhadap budaya membaca tentu saja harus kita pupuk sejak dini, sesuai dengan program pemerintah tentang Gerakan Literasi Sekolah (GLS), maka perpustakaan menjadi salah satu penunjang dalam keberhasilan program tersebut. Selain itu peran serta Bapak dan Ibu guru mata pelajaran dalam meningkatkan literasi siswa sangatlah dibutuhkan, salah satunya dengan berkunjung ke perpustakaan dan juga pembiasaan kegiatan membaca sebelum pembelajaran dimulai.

SebelumnyaUlangan Harian Bersama (UHB) Semester GasalSesudahnyaHari Batik Nasional
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *