• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Senin, 22 April 2024

Seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB) Gelombang II

Seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB) Gelombang II
Bagikan

Minggu (15/5) Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin menyelenggarakan tes seleksi penerimaan santri baru gelombang II. Tes seleksi diikuti oleh seluruh calon santri baru SMP, SMK, dan Takhasus. Seleksi dilaksanakan secara oflline dengan ketentuan santri dan walisantri yang hadir di lingkungan pondok pesantren tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Sebanyak 138 calon santri baru yang terdiri atas 116 calon santri SMP, 21 calon santri SMK, dan 1 calon santri Takhasus mengikuti tes seleksi yang meliputi tes baca Al-Qur’an, tes hafalan, tes akademik (literasi dan numerasi) dan wawancara calon walisantri.

Seleksi awal yaitu tes baca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian yang Tajwid (lafal atau ucapan yang benar), Makhraj (ketepatan), serta kelancaran dalam membaca. Selanjutnya tes hafalan Al-Qur’an yang mana materi hafalan telah diumumkan sehari menjelang seleksi sehingga para calon santri dapat mempersipakan diri dengan baik. Sedangkan tes akademik merupakan seleksi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon santri baru khususnya kemampuan literasi (membaca) dan numerasi (berhitung). Kemudian yang terkahir adalah wawancara calon walisantri.

Dengan serangkaian tes seleksi yang diadakan Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin bertujuan untuk menghasilkan calon santri unggulan yang memiliki kualitas baik secara bacaan dan hafalan Al-Qur’an namun juga secara akademik, selain itu dapat mengetahui kesiapan calon walisantri dalam mendukung putra dan putrinya untuk menuntut ilmu di Ponpes Al-Qur’an Zaenuddin.

SebelumnyaCalon Walisantri Baru Mengikuti Tes WawancaraSesudahnyaPenyambutan Kedatangan Santri Setelah Libur Idul Fitri
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *