• Pondok Pesantren Al-Qur'an Zaenuddin
Kamis, 30 November 2023

Persiapan Penerapan Kurikulum Vokasi SMK Al-Qur’an Zaenuddin Melalui In House Training

Persiapan Penerapan Kurikulum Vokasi SMK Al-Qur'an Zaenuddin Melalui In House Training
Bagikan

            Masa pandemi tidak menghalangi lembaga pendidikan untuk terus mengembangkan kualitas, termasuk SMK Al-Quran Zaenuddin. Pada hari Kamis, 21 Januari 2021 SMK Al-Quran Zaenuddin mengadakan acara In House Training (IHT). Acara ini diselenggarakan di ruang guru SMK Al-Quran Zaenuddin. Kehadiran seluruh tenaga pendidik dan kependidikan SMK Al-Quran Zaenuddin dalam acara IHT semakin menambah semangat acara. Perwakilan yayasan juga turut hadir untuk membuka acara, yaitu Bapak Hasanudin, S.Pd.

            Acara In House Training sendiri merupakan sebuah acara pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam dunia pendidikan. IHT kali ini mengusung tema “Implementasi Kurikulum Vokasi Tahun 2021” dengan menghadirkan narasumber yaitu Bapak Purwanto Hadi Susetyo, S.Pd., M.Pd. selaku pengawas SMK Kabupaten Tegal. Beliau memberikan materi tentang persiapan yang harus dilakukan oleh SMK dalam penerapan kurikulum vokasi di tahun 2021.

            Kurikulum vokasi merupakan kurikulum dalam pendidikan yang berbasis kejuruan. Terdapat beberapa poin penting dalam persiapan kurikulum vokasi, diantaranya dari pihak sekolah maupun pihak industri. Pihak sekolah perlu mempersiapkan suasana pembelajaran SMK yang membuat peserta didik merasakan seperti berada di dunia industri. Salah satu usaha untuk mencapainya yaitu dengan penyelenggaraan Praktik Kerja Industri (Prakerin) minimal satu semester. Hal ini dilakukan agar lulusan SMK bisa lebih siap untuk terjun di dunia industri. 

            Harapan dari adanya acara IHT ini bisa membantu SMK Al-Quran Zaenuddin lebih matang untuk mengimplementasikan kurikulum vokasi di tahun 2021, serta sebagai langkah nyata untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Penulis: Nurma Tristanti, S.Pd.

SebelumnyaRapat Kerja Tahunan (Rakerta) Yayasan Ponpes Al-Qur’an ZaenuddinSesudahnyaIn House Training SMP Al-Qur’an Zaenuddin
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *